Mengatasi Tumit yang Keras dan Pecah

Mengatasi Tumit yang Keras dan Pecah

175
0
SHARE
Source: shutterstock

KabarFemale—Ada banyak sekali keluhan yang sering terlontar dari para kaum hawa, yang mana berkaitan erat dengan kulit serta penampilan. Seperti halnya masalah yang hinggap pada tumit kaki. Memang bagian tumit kaki, bisa tertutupi dengan menggunakan kaos kaki atau sepatu yang tertutup tapi bukan berarti anda diamkan saja bukan? Semakin anda mendiamkannya, malah bisa mengakibatkan masalah yang serius. Kira-kira apa saja sih permasalahan yang mendera tumit kaki? Ini dia pembahasannya! Ikuti terus ya!

Tumit kaki memang sangat rentan terkenan pengerasan atau dapat diistilahkan sebagai kapalan. Kapalan pada daerah kaki memang sangatlah wajar, mengingat kaki menyangga tubuh secara keseluruhan. Mirip seperti jantung yang mengatur semua aktifitas manusia, kaki pun memiliki peranan yang besar dalam keseimbangan tubuh. Dengan beratnya tugas, maka tak salah bila tekanan yang berlebih pada tumit membuat ia menjaga mengeras. Belum jika ditambah dengan gesekan yang terjad setiap harinya. Jika tak dirawat lama kelamaan, pengerasannya akan semakin menjadi, jika sudah begitu akan semakin sulit dalam perawatannya.

Tumit kaki yang mengeras juga akan membuat anda rentan terkena kaki yang pecah. Kondisi demikian akan membuat anda merasakan nyeri dan sakit. Bahkan terkadang luka yang menganga tersebut sulit sekali untuk disembuhkan.

Yang dapat anda lakukan ialah, menjaga kebersihan dan kesehatan tumit kaki. Caranya dengan memberikan nutrisi pada tubuh secara full, baik dari dalam maupun luar. Seperti makanan yang segar, buah, dan sayur. Konsumsi vitamin E setiap harinya sesuai kebutuhan karena sangat baik untuk kulit. Jika memungkinkan konsumsi cukup suplemen yang mengandung anti oksidan dan kolagen yang tinggi. Disamping melakukan treatment kecil nan ringan yang dapat anda lakukan setiap hari. Seperti penggunaan minyak zaitun atau baby oil untuk memberikan efek lembab pada tumit kaki sebelum atau setelah anda beraktifitas, tentu kondisi kaki harus bersih dan dalam keadaan kering terlebih dahulu. Saat pengolesan, lakukan pemijatan untuk mendapatkan efek rileksasi. Sedangkan cara untuk menghindari kaki pecah, utamanya adalah menjaga tumit agar tidak mengalami penebalan dan pengerasan yang berlebihan, jika terlanjur maka sebaiknya anda kurangi tumit berinteraksi dengan bahan kimia secara langsung, seperti sabun pencuci pakaian (detergen). Karena kandungan yang cukup keras akan merusak tumit kaki. Mungkin sekali dua kali tak berdampak namun kelamaan ia akan menjadi penyebab kaki pecah. Jika sudah begini, anda akan tersiksa karenanya.
AFB150501

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY