Jaga kesehatan Ginjalmu, ladies!

Jaga kesehatan Ginjalmu, ladies!

226
0
SHARE
Jaga kesehatan Ginjalmu, ladies!
Source: google

KabarFemale—Salah satu orang penting di dalam tubuh ini konon memiliki bentuk yang hampir mirip seperti kacang. Fungsi utama dari ginjal ialah untuk menyaring kotoran (termasuk zat-zat berbahaya dan racun) yang ada pada darah serta membuang kotoran tersebut bersama air sehingga keluar dalam bentuk urin. Ginjal berada pada bagian belakang abdomen (belakang perut), terletak di sisi kanan dan sisi kiri, di bawah limpa serta hati. Untuk menjaganya terkena gesekan antar organ dan juga dari goncangan aktivitas manusia, secara alamiah ginjal diberi lapisan khusus yaitu lapisan lemak perirenal dan lapisan lemak pararenal.
Selain berfungsi sebagai penyaring, toh ginjal juga memiliki tugas dalam pengaturan pH dan pH plasma darah agar tetap dalam kisaran sekitar 7,3 hingga 7,4. Ia juga mengatur konsentasi ion mineral dan komposisi air yang ada pada darah setiap orang. Begitu pentingnya ginjal sehingga merupakan keharusan bagi manusia untuk menjaganya. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menyehatkan ginjal, diantaranya adalah

Olah Raga
Ya, kapanpun, dimanapun, sesibuk apapun anda tetap harus menyediakan waktu untuk berolah raga minimal seminggu sekali dengan durasi setengah jam penuh hingga beberapa jam ke depan. Sesuaikan dengan kemampuan anda. Tak perlu olah raga berat, cukuplah olah raga yang ringan seperti berlari santai, senam, atau bersepeda santai. Badan akan terasa lebih enteng, tubuh sehat, dan seluruh organ penting dalam tubuh akan terjaga serta berfungsi sesuai dengan tugasnya.

Air Mineral
Slogan minumlah delapan gelas per hari, ada baiknya anda ikuti. Karena memang takaran yang direkomendasikan adalah yang terbaik agar tubuh tetap terjaga keseimbangannya. Bila anda rajin mengkonsumsi air putih maka tugas gibjal akan menjadi lebih ringan dikarenakan kotoran dan zat berbahaya akan ikut bersama urin. Dengan rutinnya anda mengeluarkan urin, ginjal akan lebih ringan bekerja.

Kurangi Gula dan Garam
Seperti yang dikemukakan oleh beberapa peneliti bahwasannya diabetes memiliki keterkaitan dengan ginjal. Saat anda menderita diabetes, ini memungkinkan terbukanya peluang untuk bermasalah dengan ginjal. Sedang untuk masalah garam, ada baiknya anda juga menggunakan penyedap rasa seminim mungkin. Terlalu berlebihaan dapat membuat timbunan yang akan menimbulkan penyakit batu ginjal. Dengan mengkurangin konsumsi gula dan garam, anda turut menjaga ginjal anda tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

Stop Alkohol dan Rokok
Keduanya merupakan racun bagi tubuh. Siapapun yang menyukai keduanya tak akan terlepas dari berbagai macam penyakit. Maka akan sangat baik bila anda menghentikan kebiasaan buruk itu sedini mungkin. Jika anda menyayangi diri anda atas karunia Tuhan, sudah tentu anda akan menjaganya dengan cara yang baik dan benar.

AFB150301

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY