Hilangkan Kantuk Berlebih!

Hilangkan Kantuk Berlebih!

266
0
SHARE
source : hipwee.com

KabarFemale—Ada kalanya tubuh membutuhkan waktu istirahat ekstra dibanding biasanya sehingga anda pun harus lebih memperhatikan apa yang tubuh perlukan. Pernahkah anda merasakan rasa kantuk yang luar biasa meski anda telah tidur 8 jam lamanya? Bisa jadi hal tersebut karena tubuh anda sedang melakukan penyesuaian. Maksudnya adalah, tubuh yang terlalu letih, akan merasakan hal yang demikian di saat anda sedang merasa sedikit loyo. Meski sebenarnya rasa kantuk merupakan hal yang sifatnya alamiah dan wajar.

Namun, bila gangguan tersebut bukan hanya anda rasakan sekali dua kali, yang mana berarti sering kali terjadi, bisa jadi anda didera penyakin hipersomnia. Berbeda dengan insomnia yang merupakan gangguan sulit tidur, pada hipersomnia anda justu akan mudah merasa ngantuk dan tertidur lebih dari jam normal yang disarankan dan dibutuhkan oleh tubuh.

Pada beberapa kasus, misalnya saja pada orang yang sedang sakit, hal tersebut merupakan hal yang wajar. Karena dalam kondisi lemah tubuh memang memerlukan istirahat yang lebih. Berbeda jika setiap saat anda mengalaminya, bisa jadi anda memiliki cara tidur yang salah, atau letih yang amat sangat. Maka, anda harus mulai membenarkan cara hidup. Baik pola makan, pola tidur, dan juga kerja. Jika anda menghabiskan waktu di kantor selama 8 jam atau lebih, katakanlah 10 jam lamanya, maka anda masih memiliki waktu 12 jam diluar hal tersebut. Dari 12 jam yang ada, gunakanlah 7 hingga 8 jam untuk benar-benar beristirahat.

Jika anda malah menggunakan waktu istirahat untuk sekedar bermain, lambat laun kondisi anda akan menurun, disamping akan membuat anda cepat lelah. Jika sudah demikian, anda bisa jatuh ke dalam lingkaran hipersomnia. Ingat, jika tubuh sudah terlalu letih, jangan paksakan untuk beraktivitas yang menguras banyak energi, manjakanlah badan anda sesekali. Dengan memberikan tidur ektra di siang hari, atau melakukan pijat rileksasi, bisa juga dengan spa tubuh.

Hal lainnya yang jangan sampai anda luput ialah selalu memperhatikan takaran minum. Yang memang diketahui dalam satu hari minimal 8 gelas air putih yang wajib dikonsumsi setiap orang, tak terkecuali anda. Dengan minum yang benar, air yang didalamnya memang mengandung oksigen akan dengan cepat menyebar ke seluruh penjuru tubuh, hal tersebut memungkinkan tubuh yang lelah dan ngatuk menjadi segar kembali. Semakin banyak asupan oksigen yang diterima tubuh, anda akan merasakan tubuh yang lebih santai dan juga jauh dari rasa kantuk.

 

 

AFB150901

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY