Diare? Tunggu, Jangan panik dulu!

Diare? Tunggu, Jangan panik dulu!

220
0
SHARE
Source: shutterstock

KabarFemale—Pernahkah anda mengalami rasa sakit pada perut yang berunjung menimbulkan buang air besar lebih cair alias diare?
Jika anda pernah mengalaminya tentu hal tersebut bukanlah hal yang menyenangkan, terlebih bila ternyata pada saat anda terkena sakit tersebut sedang dalam kondisi banyak kegiatan. Kondisi demikian akan membuat ada terasa terjepit, diantara sakit perut yang tak tertahan dan kegiatan yang tak bisa anda tinggalkan. Kira-kira apa sih penyebabnya? Dan bagaimana cara untuk mengatasi keluhan tersebut? Yuk, simak selengkapnya hanya di RN Female.

Salah satu penyebab timbulnya diare ialah karena badan anda menimbun banyak angin. Kondisi tubuh yang kurang sehat memang akan lebih mudah terkena paparan angin, jika dibiarkan badan anda akan terasa lebih berat, pada kasus yang lebih parah, anda akan merasakan nyeri pada beberapa bagian. Dari kondisi yang demikian, anda akan mengalami salah satu kondisi dari dua yang paling sering terjadi bila masuk angin, hal yang pertama ialah terjadinya demam atau terjadinya kondisi perut yang sakit, yang mana akan berujung pada terjadinya diare. Bila nyatanya anda diare, maka sebaiknya minumlah air hangat, akan lebih bagus lagi minum teh pahit alias tanpa gula. Usahakan untuk menghindari sebisa mungkin makanan serta minuman yang dingin agar perut anda tidak semakin terasa nyeri. Saat kondisi tubuh anda menurun akibat mengeluarkan banyak cairan, lebih baik untuk mengkonsumsi sayur sop hangat. Sayur sop sangat baik untuk mengembalikan stamina tubuh.

Hal lain yang menyebabkan terjadinya diare ialah kurang sehatnya pencernaan. Maka sebaiknya, makanlah makanan yang tidak terlalu keras sehingga tidak akan menimbulkan luka pada bagian pencernaan. Jangan mengkonsumsi makanan yang terlalu asam dan terlalu banyak santan. Karena hal tersebut akan menaikan kadar asam lambung dalam tubuh anda. Jika sudah begitu bukan hanya maag saja yang akan mendera, hal lain yang tak kalah mengancam ialah diare. Anda bisa meminum air rebusan daun jambu, caranya rebus daun jambu hingga menyisakan setengah gelas (dari satu gelas air). Kemudian, minumlah air rebusan tersebut hingga diare anda membaik. Atau bisa dengan mengkonsumsi larutan oralit yang terkenal ampuh mengatasi diare.

Yang tak kalah wajib anda perhatikan adalah kehigenisan makanan baik anda membuatnya sendiri, beli di pinggir jalan, maupun café atau restoran, karena tidak semua tempat memperhatikan benar-benar kebersihan meskipun cita rasanya begitu nikmat. Jaga stamina tubuh anda dengan rajin mengkonsumsi makanan sehat.
AFB150701

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY