Cincau Yang Lezat Nan Kaya Manfaat (2)

Cincau Yang Lezat Nan Kaya Manfaat (2)

261
0
SHARE
Cincau Yang Lezat Nan Kaya Manfaat
source : wordpress.com

KabarFemale—Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel mengenai cincau hijau sebelumnya. Setelah semua selesai, anda bisa membiarkan adonan cincau selama beberapa jam untuk memberikan ia waktu mengikat air, lebih baik bila dimasukan juga kedalam kulkas agar nikmat saat disajikan. Tambahkan sirup gula pasir (biasanya diberi sedikit pewarna makanan kemerahan) atau juga dapat menggunakan sirup gula jawa. Tambahkan santan dan es batu. Wah, nikmat, segar, dan kaya akan manfaat.

Selanjutnya, kami akan membahas apa saja sih manfaat dari cincau hitam, apakah sama khasiatnya?
Cincau hitam memiliki nama latin Mesona Palustris. Ia juga populer dengan nama daun janggelan yang mana merupakan tanaman asli asal Benua Asia. Berbeda dengan daun cincau hijau, daun cincau hitam ini dapat dikatakan hampir mirip dengan daun kemangi. Tak jauh berbeda dengan kerabatnya, cincau hitam juga dapat mengatasi aneka gangguan kesehatan yang terjadi pada tubuh manusia, sebut saja batuk dan demam serta gangguan panas dalam. Ia juga baik lho dalam menjaga dan merawat kesehatan pencernaan dari dalam secara alamiah. Salah satu yang menjadi ciri khas tanaman ini ialah ia mampu untuk mencegah dan atau mengobati penyakit yang berbahaya seperti malaria.

Cincau hitam juga mengandung karbohidrat layaknya cincau hijau, belum lagi ia mengandung zat kalsium, fosfor, aneka vitamin dan mineral hingga serat. Maka tak heran bila cincau hitam ini sangat baik dikonsumsi pada saat anda sedang menjalani program diet. Selain memang baik untuk diet, serat alami di dalam cincau hitam mampu untuk menstabilkan kerja pencernaan sehingga jauh dari masalah kesehatan layaknya kembung, perut begah, enek, mual, sembelit (susah buang air besar), dan sebagainya. Ia juga memiliki zat anti kanker lho serta baik dalam mengatasi otot kaku dikarenakan adanya senyawa dimetil kurin.

Untuk membuat cincau hitam, yang anda perlukan ialah 20 daun janggelan dan air sebanyak 1 liter. Prosesnya berbeda sedikit dengan cincau hijau, cincau hitam ini harus dimasak hingga mendidih lalu masukan ke dalam cetakan atau wadah dan dibiarkan mengeras dengan sendirinya. Pembuatan yang benar akan menghasilkan cincau yang padat dengan teksur kenyal dan awet hingga 2 sampai 3 hari ke depan. Ia dapat diminum dengan tambahan sirup gula pasir atau gula jawa atau anda bisa mencampurnnya dengan es campur, bisa juga untuk campuran sop buah. Wah, nikmat dan sehat ya!
AFB150401

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY