Cincau Yang Lezat Nan Kaya Manfaat (1)

Cincau Yang Lezat Nan Kaya Manfaat (1)

154
0
SHARE
Cincau Yang Lezat Nan Kaya Manfaat
source : blogspot.com

KabarFemale—Sudah barang tentu anda mengenal makanan satu ini, cincau. Cincau sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yakni cincau hijau dan cincau hitam. Keduanya sangat nikmat dijadikan kudapan penghilang dahaga saat terik matahari menyerang.

Meskipun bahan bakunya sama-sama dengan menggunakan daun cincau, toh nyatanya keduanya berbeda. Daun cincau hijau berbentuk agak melebar hamoir mirip dengan bentuk hati sedangkan daun cincau hitam bentuknya agak memanjang dengan gerigi khas di bagian sisinya, sering dinamakan dengan daun janggelan. Lagi-lagi meskipun sama-sama cincau, toh proses pembuatannya pun berbeda, namun yang unik dari keduanya ialah sama-sama bermanfaat dan berkhasiat plus nikmat dijadikan minuman dingin nan segar. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai manfaat dari daun cincau hijau terlebih dahulu.
Dengan nama latin Cylea berbata myers, cincau ini nyatanya berasal dari bahasa china, sienchau. Secara bentuk, ia memang mirip sekali dengan gel yang kemudian terbentuk menjadi padat setelah didiamkan dalam jangka waktu yang cukup lama. Kandungan molekul airnya sangatlah tinggi, disamping juga kandungan karbohidratnya. Toh, meski begitu mengkonsumsi cincau tidaklah membuat anda menjadi gemuk meski cukup mengenyangkan. Ketika anda menikmati segelas cincau hijau, maka secara alamiah kesegaran akan menyeruak di dalam tubuh anda. Efek inilah yang menjadi salah satu yang di favoritkan cincau oleh banyak orang dikala sedang panas-panasnya.
Kandungan fosfor serta kalsium sangat baik untuk menutrisi tubuh anda. Selain menyegarkan, cincau juga baik untuk digunakan sebagai salah satu menu diet sehat plus mampu menghalau anda dari demam serta mencegah diare. Zat karsinogen serta isokandrodendrin akan membuat anda aman dari bahaya buruk pemicu kanker dan sel-sel tumor. Zat lainnya yang terkandung di dalam cincau juga dipercaya baik dalam mengatasi kanker pada organ penting layaknya ginjal.

Untuk proses pembuatan cincau hijau tidaklah serumit cincau hitam. Yang anda perlukan ialah kira-kira 20 lembar daun cincau. Air sebanyak 1 liter (bisa kurang atau lebih). Cuci bersih daun cincau hijau, lalu siapkan wadah yang cukup besar untuk menguleni adonan cincau. Pertama, ambil 5 helai daun cincau hijau kemudian remas-remas, ketika mulai mengeluarkan gel (atau terlihat berbusa) berilah air sedikit demi sedikit terus menerus hingga daun dan air habis. Bila agak kerepotan maka anda bisa menghancurkan daun cincau hijau terlebih dahulu, kemudian direndam pada wadah lalu remas-remas hingga mendapatkan adonan cincau. (bersambung)

 

AFB150401

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY