Cara Jitu Menjaga Kesehatan Lambung

Cara Jitu Menjaga Kesehatan Lambung

175
0
SHARE
Cara Jitu Menjaga Kesehatan Lambung
Source: teraswarta.com

KabarFemale—Sama halnya seperti jantung dan ginjal, lambung juga salah satu organ penting di dalam tubuh yang memiliki tugas penting dalam mengolah, mencerna, dan menyerap kandungan nutrisi makanan yang anda konsumsi. Nah, jika begitu penting sudah menjadi kewajiban untuk menjaganya bukan?
Lambung yang memiliki nama lain Vertikulus ini terdiri dari 3 bagian, yakni Kardia (pintu masuk makanan), Fundus (bagian tengah), dan Pilorus (bagian bawah yang berhubungan dengan duodenum). Sedangkan dindingn lambung sendiri terbagu menjadi beberapa lapisan, diantaranya:

Mucosa (lapisan yang berfungsi sebagai wadah sel goblet, parietal, dan chief untuk mengeluarkan cairan), Submucosa ( lapisan untuk vena dan arteri menyalurkan nutrisi serta oksigen), Muscularis (lapisan otot yang terbagai menjadi otot melingkar, memanjang, dan menyerong, tugasnya membatu dalam proses pencernaan mekanis), yang terakhir ialah Geral Peristaltik.

Efek buruk dari lalai menjaga lambung sangat beragam, seperti sakit maag, pencernaan yang tidak lancar, grastitis (radang pada lambung), lambung terluka, hingga terjadinya kanker lambung. Tentulah anda tak ingin mengalami hal buruk seperti diatas. Tak perlu bingung, kami akan membagikan beberapa tips agar anda bisa mulai menjaga lambung tetap sehat. Inilah tips yang bisa anda lakukan, diantaranya :

Hindari minuman bersoda
Soda memang sangat enak dan menyegarkan namun siapa sangka karbonasi didalamnya akan menimbulkan masalah pada pencernaan anda. Ia memicu terjadinya kenaikan kembali makanan yang berada pada lambung menuju ke kerongkongan (refluks). Ganguan semacam ini bila dibiarkan berlarut akan membuat lambung anda terganggu dan memicu penyakit lain yang jauh lebih berat.
Kunyah makanan lebih lama.

Anjuran mengunyah makanan sebanyak 32 kali yang sangat melelahkan justru sangat baik bagi pencernaan. Ketika kita mengkonsumsi makanan dan mengunyahnya kurang halus akan mengakibatkan peningkatan asam lambung. Meski secara alamiah manusia memiliki air liur toh bila kita menguyah makanan dengan kasar ia tidak akan ternetralkan olehnya. Jadi, mari belajar untuk menguyah makanan dengan benar.

Hindari makanan pedas asam
Menjadi salah satu makanan favorit banyak orang namun memiliki dampak buruk jika berlebihan karena lambung akan kesulitan menyekresikan asam HCI terlalu banyak. Maka tak heran bila setelah mengkonsumsi makanan pedas atau manis, lambung akan terasa sakit dan perih.

Buah dan Sayur
Meski baik, disarankan untuk mengurangi konsumsi buah yang memiliki rasa asam. Nah, perbanyak sayur dan buah agar tubuh mendapatkan serat yang cukup sehingga menurunkan resiko terjadinya penyakit yang berkaitan dengan lambung.
AFB150301

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY