Anda Mengalami Konstipasi? Jangan Panik!

Anda Mengalami Konstipasi? Jangan Panik!

180
0
SHARE
Source: kompas

KabarFemale—Pernahkah anda mengalami kesulitan dalam buang air besar? Hingga anda melakukan banyak hal namun kotoran tetap saja sulit untuk dikeluarkan? Bisa jadi anda mengalami konstipasi. Konstipasi mungkin jarang terdengar di telinga khalayak umum, tapi jika berbicara mengenai sembelit, anda pasti akan berkata, “Oh, sembelit.” Konstipasi atau nama lainnya sembelit, merupakan suatu gejala ketidaknormalan tubuh yang membuat kotoran (feses) sulit untuk dibuang sebagaimana mestinya. Pemicunya pun banyak hal, ada yang dikarenakan kurangnya cairan dalam tubuh, ada yang kurang serat, dan masih banyak pemicu lainnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak terus pembahasan selengkapnya yang akan kami paparkan, khusus untuk anda para pembaca RN Female!

Sejatinya sembelit atau konstipasi bukanlah suatu penyakit seperti yang diyakini banyak orang. Ia hanyalah semacam gejala yang menandakan bahwa pencernaan dan sistem pengeluaran kotoran anda sedang terganggu. Pada dasarnya gejala awal konstipasi atau sembelit bervariasi antar individu sehingga tidaklah elok bila menyamaratakannya. Namun, kami akan memberikan gejala umum yang sering kali dijumpai pada konstipasi ini, seperti perut yang terasa kenyang meski tidak diisi makanan, feses (tinja) berbeda dari keadaan normal yakni terasa sulit dikeluarkan karena mengalami pengerasan, terkadang menimbulkan rasa sakit pada bagian anus disamping juga memberikan rasa nyeri pada sekitar bagian punggung dan pinggang jika konstipasi menyerang anda sudah dalam jangka waktu yang cukup lama, sangat jarang sekali merasakan keinginan buang air besar, dan masih banyak hal lainnya.

Jika hal tersebut dibiarkan maka akan membuat tubuh mengalami penimbunan kotoran, selain itu, akan membuat tubuh kurang bertenaga, perut akan terasa begah, penuh, ada rasa tidak nyaman bahkan pada kondisi yang seharusnya menyenangkan seperti bersantai atau beristirahat.

Lalu? Apa yang sebaiknya dilakukan? Sebelum mengatasi hal tersebut ada baiknya anda tetap besikap tenang. Yang pertama ialah melakukan pencegahan bila memang belum terjadi.
Perbanyak minum air putih, yang akan mempermudah penyerapan pada tubuh. Hal tersebut akan berpengaruh terhadap kelancaran pengeluaran kotoran, disamping mencegah terjadinya pengerasan pada kotoran. Jangan lupa untuk makan sayur serta buah. Perbanyak makanan yang mengandung serat, layaknya agar-agar, jeli, rumput laut. Kurangi makanan berlemak dan bersantan sementara waktu. Lakukan olah raga.
Jika sudah terjadi maka anda tetap harus melakukan cara untuk pencegahan ditambah dengan hal lain yakni cobalah merutinkan mengkonsumsi buah pepaya dan perbanyak asupan kalium serta mengurangi kalsium.
AFB150701

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY